Selamat Datang Di Situs Portal Anak Tata Niaga Unimed


Pengen Punya Flash Disk Online

Buat Semua Anak Tata Niaga Unimed, Diharapkan Segera Mendaftar Di Website Ini. Terima Kasih


17 Januari, 2009

Sofyan Tak Bisa Intervensi Suku Bunga Bank BUMN

JAKARTA - Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil menegaskan dirinya tidak bisa melakukan intervensi dan memaksa perbankan BUMN untuk segera menurunkan suku bunga bank, pasca-penurunan BI rate oleh Bank Indonesia (BI) beberapa waktu lalu.

"Saya tidak bisa memberikan arahan agar bank-bank BUMN mau menurunkan suku bunga bank, karena itu sifatnya makro," ungkapnya kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (16/1/2009).

Menurutnya, perbankan dengan sendirinya akan menurunkan suku bunga bank, jika keadaan sudah dirasakan perlu dilakukan. Pasalnya, bila perbankan belum mau menurunkan suku bunga bank, maka hanya akan mempersulit kinerja dan memicu kredit macet yang tentunya merugikan perbankan tersebut.

Di sisi lain, dia menegaskan, rasio kecukupan modal perbankan pelat merah atau capital adequacy ratio (CAR) saat ini di atas batas minimum Bank Indonesia atau saat ini CAR bank-bank BUMN sekira 14 persen.

Selain itu, dia meminta perbankan untuk lebih selektif dan hati-hati memberikan jaminan dana nasabah di tengah ketatnya likuiditas antarbank pasca-ditambahnya kebijakan blanket guarantee dari Rp100 juta menjadi Rp2 miliar. (ade)

Tidak ada komentar:

Copyright by : TataNiaga Online (c) 2009